MENULIS BUKU AJAR
Senin, 20 Februari 2023
MENULIS BUKU AJAR
Resume ke : 19
KBMN angkatan : 28
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Mutmainah
Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah kita bisa bertemu kembali dalam aktivitas pelatihan KBMN angkatan 28 secara daring melalui WAG di pertemuan ke-19. Tema yang diusung malam ini Menulis Buku Ajar. Adapun narasumber kita adalah Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. dan moderator yang siap mendamping narasumber selama 2 Jam ke depan ibu Mutmainah.
- Bahan Ajar vs Buku Ajar
- Pentingnya Bahan Ajar dalam pembelajaran
- Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian / Hasil Pemikiran
- Cara Penulisan Buku Ajar
- Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
- Buku ajar
- Buku modul
- Diktat
- Petunjuk praktikum
- Naskah tutorial
- Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa /mahasiswa
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Disusun berdasatrkan pola belajar yang fleksibel
- Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai
- Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa
- Selalu memberikan rangkuman
- Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
- Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran
- Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa
- Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar
- Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
- Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran
- Disusun secara linier
- Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content)
- Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa
- Belum tentu ada rangkuman
- Dikemas untuk dijual secara umum
- Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai
- Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya
- Penataan Informasi (compilation text) : Guru/dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan rencana pembelajaran yang telah disusun
- Pengemasan Kembali (Information repackaging) : Guru/dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai.
- Menulis Sendiri (starting from scratch) : Guru/dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan rencana pembelajaran yang di ampu
- Prinsip Relevansi : Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian pembelajaran mata pelajaran dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa hafalan fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta
- Prinsip Konsisten /Keajegan : Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembngkan juga harus meliputi empat macam
- Prinsip Kecukupan : Materi yang diajakan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dari kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenang yang tidak perlu untuk dipelajarinya
- Petunjuk penggunaan buku ajar bagi mahasiswa
- Identitas mata kuliah
- Deskripsi singkat isi buku ajar
- Kegunaan mata kuliah bagi mahasiswa
- Capaian pembelajaran mata kuliah
- Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan BAB tersebut
- Relevansi dimiliki mahasisswa atau manfaat bagi mahasiswa
- Uraian atau penjelasan nmateri (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
- Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi
- Tugas dan latihan yang dilakukan mahasiswa setelah membaca uraian materi
- Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas
- Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan kemapuan akhir
- Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes)
- Tindak lanjut
Demikianlah resume ke-19, yang dapat saya tulis. Semoga dapat memotivasi dan memberi inspirasi dalam membuat dan menulis buku ajar. Terima kasih
lengkap dan menarik bu
BalasHapus